JALAN GAJAH MADA GANG KISWAN RT. 04 RW. 01 WONOSARI TENGAH

DESA WONOSARI KEC. TUTUR KAB. PASURUAN JAWA TIMUR 67165

TELEPON : 081230000199

___________________________________

Ads
SELAMAT DATANG DI SMP ISLAMIC BOARDING SCHOOL NURUL FAIZAH NONGKOJAJAR TUTUR PASURUAN 2022

16 Mei 2024

Gelar Karya P5 oleh SMP IBS Nurul Faizah

 Gelar Karya P5 SMP IBS Nurul Faizah: Ajang Kreativitas dan Inovasi Siswa


Pasuruan, 8 Mei 2024 - SMP IBS Nurul Faizah menggelar acara yang ditunggu-tunggu, yaitu Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Acara ini dilaksanakan dengan meriah pada tanggal 8 Mei 2024, bertempat di tiga kelas yang telah dihias dengan penuh warna dan kreativitas. Di kelas pertama, mengusung konsep sinema yang menayangkan tiga video karya siswi tentang anti-bullying dimana keberagaman budaya bukanlah bahan perundungan dan perpecahan, melainkan sebagai sesuatu yang dapat melengkapi satu sama lain. Konsep kedua yakni minimarket yang memamerkan karya para siswi yang memiliki nilai jual, baik makanan maupun barang. Konsep yang terakhir yaitu museum yang berfokus pada pameran barang yang terbuat dari bahan-bahan bekas sekaligus memiliki nilai estetika. 

Beberapa tema Gelar Karya P5 yang diusung kali ini antara lain Bhinneka Tunggal Ika, Kewirausahaan, dan Gaya Hidup Berkelanjutan. Acara ini menampilkan berbagai proyek hasil karya siswa yang mencerminkan semangat mereka dalam mengembangkan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikasi efektif. Berbagai stan pameran dipenuhi dengan hasil karya inovatif siswa, mulai dari kerajinan tangan baik barang maupun makanan hingga karya seni dan literasi.

Acara dibuka dengan sambutan hangat dari Kepala Sekolah MA IBS Nurul Faizah, Akhodza Khiyaaroh, S.Ant. Dalam pidatonya, beliau menekankan pentingnya memberikan ruang bagi siswa untuk berekspresi dan mengembangkan potensi diri mereka. "Gelar Karya P5 ini dapat menjadi momentum inspiratif bagi kita semua untuk terus berkreasi, berkarya, dan berprestasi. Semoga karya-karya yang dipamerkan hari ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi sekolah, tetapi juga menjadi inspirasi bagi generasi mendatang." ujar Ustadzah Akhodza Khiyaaroh.

Gelar Karya P5 kemudian dibuka oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan, Bapak H. Bustanul Arifin, M.Pd. Beliau menyoroti sisi positif daripada Islamic Boarding School atau sekolah berbasis pondok pesantren yang dapat memupuk kerjasama dan tenggang rasa yang tercermin dalam pameran P5 ini. Menurutnya, sistem pondok pesantren yang membatasi penggunaan gadget efektif untuk mengurangi sikap asosial yang saat ini marak terjadi di tengah masyarakat. Dengan penggunaan gadget yang cukup, para siswi SMP IBS Nurul Faizah mampu bekerja sama, berkreasi, dan menciptakan inovasi demi inovasi. 

Salah satu karya yang menarik perhatian adalah proyek barang ramah lingkungan yang dibuat oleh para siswi. Mereka berhasil menciptakan tas, baju, dan dompet dari bahan-bahan daur ulang dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Siswa-siswa ini menjelaskan bahwa barang tersebut dirancang untuk mengedukasi dan membantu masyarakat dalam memanfaatkan berbagai limbah plastik yang dapat merusak lingkungan jika dibiarkan menumpuk. 

Selain itu, terdapat juga barang dan makanan ringan yang diproduksi oleh para siswi untuk dipasarkan sebagai bagian dari projek kewirausahaan. Terakhir yakni projek kebhinnekaan berupa video yang diciptakan oleh para siswi SMP IBS Nurul Faizah dengan tujuan untuk membantu anak-anak belajar mengenai pentingnya mencegah perundungan dan memupuk persatuan di manapun mereka berada.

 

Para pengunjung, yang terdiri dari orang tua, guru, dan siswa dari sekolah lain, sangat antusias melihat dan mencoba berbagai karya yang dipamerkan. "Alhamdulillah sukses, bagus acaranya. Anak-anak termotivasi dan terlatih dengan baik. Dan dengan situasi dan kondisi di dalam pondok pesantren bisa mempersiapkan sebagus ini adalah hal yang luar biasa." ungkap salah satu guru dari sekolah lain yang hadir.

Gelar Karya P5 ini tidak hanya menampilkan pameran, tetapi juga diisi dengan berbagai penampilan seni seperti tari yang dibawakan oleh para siswa. Penampilan tersebut menambah semarak acara dan menunjukkan bakat-bakat lain yang dimiliki oleh siswa SMP IBS Nurul Faizah.

Dengan berakhirnya acara ini, diharapkan semangat kreativitas dan inovasi terus berkembang di kalangan siswa. SMP IBS Nurul Faizah berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang dapat mengembangkan potensi dan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. 

Penulis: Akhodza Khiyaaroh, S.Ant.


Share:

0 comments:

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

Peningkatan Bilingual Guru dan Santri

AGENDA/PENGUMUMAN

November 2023 - Januari 2024
PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025
SMP IBS NURUL FAIZAH

Februari 2024
PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025
SMP IBS NURUL FAIZAH

Maret - Juli 2024
PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025
SMP IBS NURUL FAIZAH

LOGO SMP NURUL FAIZAH

HUBUNGI KAMI

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Populer

JUMLAH PENGUNJUNG


Sponsor

Ads

No highlighted text