JALAN GAJAH MADA GANG KISWAN RT. 04 RW. 01 WONOSARI TENGAH

DESA WONOSARI KEC. TUTUR KAB. PASURUAN JAWA TIMUR 67165

TELEPON : 081230000199

___________________________________

Ads
SELAMAT DATANG DI SMP ISLAMIC BOARDING SCHOOL NURUL FAIZAH NONGKOJAJAR TUTUR PASURUAN 2022

31 Oktober 2023

BHINEKA TUNGGAL IKA

 BHINEKA TUNGGAL IKA

P5 Bhineka Tunggal Ika adalah sebuah inisiatif yang menggabungkan konsep P5 (Partnership for a Sustainable Planet) dengan filosofi "Bhineka Tunggal Ika," yang merupakan motto nasional Indonesia dan berarti "Berbeda-beda namun tetap satu" dalam Bahasa Indonesia. Inisiatif ini memiliki fokus khusus pada mempromosikan keragaman budaya, kesetaraan, dan inklusi dalam konteks gaya hidup berkelanjutan. Berikut adalah deskripsi lebih lanjut tentang P5 Bhineka Tunggal Ika yang dilaksanakan di SMP IBS NURUL FAIZAH:

Keragaman Budaya: P5 Bhineka Tunggal Ika mengakui dan merayakan keragaman budaya, suku, agama, dan tradisi di Indonesia dan di seluruh dunia. Inisiatif ini bertujuan untuk memastikan bahwa berbagai kelompok masyarakat memiliki tempat dan peran dalam upaya untuk mencapai gaya hidup berkelanjutan.

Kesetaraan: P5 Bhineka Tunggal Ika mendorong kesetaraan di semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan, pekerjaan, dan partisipasi dalam pengambilan keputusan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada diskriminasi berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau faktor lainnya.

Inklusi: Inisiatif ini menekankan inklusi sosial, di mana semua individu, terlepas dari latar belakang atau kondisi mereka, memiliki akses yang sama ke manfaat dari praktik-praktik berkelanjutan. Ini mencakup memastikan bahwa orang-orang dengan disabilitas, kelompok minoritas, dan komunitas yang terpinggirkan tidak terpinggirkan dalam upaya berkelanjutan.

Pendidikan dan Kesadaran: P5 Bhineka Tunggal Ika juga mencakup upaya pendidikan dan kesadaran. Ini melibatkan kampanye informasi, lokakarya, seminar, dan kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya keragaman, kesetaraan, dan inklusi dalam mencapai keberlanjutan.

Kolaborasi dan Kemitraan: Inisiatif ini mendorong kolaborasi dan kemitraan antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil. Kerja sama ini diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan berkelanjutan dalam kerangka Bhineka Tunggal Ika.

    P5 Bhineka Tunggal Ika menggabungkan nilai-nilai keragaman dan persatuan yang telah menjadi bagian penting dari identitas Indonesia dengan upaya global untuk mencapai keberlanjutan. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan dunia yang lebih adil, inklusif, dan berkelanjutan yang memberi tempat bagi semua orang, tanpa memandang latar belakang mereka, untuk berkontribusi dalam menjaga keseimbangan planet Bumi dan mempromosikan perdamaian dan keadilan.

    Pelaksanaan P5 dengan tema Bhineka Tunggal Ika di SMP IBS NURUL FAIZAH meliputi : 

  1. Membuat Poster tentang Keragaman Suku, Bahasa, Agama, Adat, dan Budaya. 
  2. Membuat Mind Mapping Keragaman Suku, Bahasa, Agama, Adat, dan Budaya. 
  3. Mempraktikkan Tari Daerah dari berbagai macam suku di Indonesia.

GALERI FOTO :







Share:

0 comments:

Posting Komentar

PAPAN PENGUMUMAN

MoU SMP IBS Nurul Faizah dengan Perpustakaan Kota Pasuruan

AGENDA/PENGUMUMAN

November 2023 - Januari 2024
PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025
SMP IBS NURUL FAIZAH

Februari 2024
PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025
SMP IBS NURUL FAIZAH

Maret - Juli 2024
PPDB TAHUN AJARAN 2024/2025
SMP IBS NURUL FAIZAH

LOGO SMP NURUL FAIZAH

HUBUNGI KAMI

Nama

Email *

Pesan *

Postingan Populer

JUMLAH PENGUNJUNG


Sponsor

Ads

No highlighted text